Header Ads

ad

Aplikasi Absensi Elektronik PNS/ASN

Di Era digital seperti sekarang ini, semua bisa dilakukan dengan lebih cepat dan lebih mudah. Pada masa lalu absensi atau kehadiran Pegawai (PNS/ASN) biasa menggunakan tanda tangan, yang memungkinkan terjadinya titip absensi atau melakukan absensi kehadiran tidak di hari yang seharusnya. Saat ini dengan berkembangnya teknologi berkembang banyak sekali metode pengenalan diri, termasuk diantaranya pengenalan Fingerprint atau sidik jari dan wajah.
Dengan pengenalan data diri yang secara pribadi hanya di miliki oleh masing-masing individu, maka akan sulit sekali untuk di palsukan, termasuk data kehadiran PNS/ASN. NR Technology mempunyai solusi yang mudah dalam melakukan manajemen kehadiran PNS/ASN yang di sebut Aplikasi Absensi Elektronik PNS/ASN. Aplikasi Absensi Elektronik PNS/ASN terdiri dari :
  1. MAbsensi, yaitu aplikasi utama yang mempunyai fungsi untuk melakukan manajemen pegawai, termasuk di dalamnya Instansi Pegawai, Jabatan Pegawai, Golongan Pegawai, Ijin Pegawai. MAbsensi juga dapat digunakan untuk melakukan monitoring kehadiran pegawai secara realtime. Kehadiran pegawai dapat dilihat berdasarkan Instansi atau Unit Pembantu (UPTD).
  2. Recapitulator, yaitu aplikasi yang terpasang pada server yang berfungsi untuk memanajemen Database. Termasuk fungsi Recapitulator adalah melakukan rekapitulasi data kehadiran PNS/ASN. Dengan adanya kemampuan untuk melakukan rekapitulasi data kehadiran pegawai, maka pegawai tidak perlu memencet tombol untuk hadir atau pulang.
  3. EAbsensi, yaitu aplikasi yang berada pada komputer client yang terhubung ke mesin absensi elektronik dan bertugas mengirimkan data kehadiran PNS/ASN ke server. Fungsi lain dari EAbsensi adalah menampilkan report/laporan kehadiran PNS/ASN baik harian ataupun bulanan.
  4. Service, yaitu aplikasi yang berguna untuk menjebatani proses transfer data dari Aplikasi Client (EAbsensi) ke Server. Proses yang dijembatani oleh Service antara lain : pengiriman data kehadiran pegawai, permintaan laporan baik harian maupun bulanan dan juga sinkronisasi data pegawai.
  5. ADMS Injector, yaitu aplikasi untuk mengambil data kehadiran pegawai dari database ADMS. Dengan ADMS Injector sekarang Aplikasi Absensi PNS/ASN bisa berjalan bersama dengan aplikasi Cloud Data ADMS, sehingga kemungkinan data kehadiran PNS/ASN tidak terkirim ke server dapat di hindari.
Daftar Mesin Absensi Elektronik yang Kompatible dapat dilihat di page ini.

Tutorial Installasi Server Absensi Elektronik PNS/ASN



2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Pak, apakah versi trialnya bisa di download

    BalasHapus